Menulis Untuk Kami
Mengapa menulis untuk kami?

Isu media adalah isu yang sangat relevan buat kondisi sosial kita hari ini. Media telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Hampir setiap rumah berlangganan koran dan majalah, memiliki pesawat radio dan televisi, atau tersambung dengan koneksi internet. Tak pelak lagi, media telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dan sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial kita.

 

Namun demikian, kajian atas yang serius dan berkelanjutan atas media masih sulit ditemukan. Daring remotivi.or.id berusaha untuk mengisi kekosongan ini. Kami berusaha untuk menerbitkan tulisan-tulisan yang membahas media dengan perspektif segar. Kami pun menawarkan gaya penulisan yang tidak saklek; tulisan serius dan penuh analisis merenik, maupun ringan dengan dibumbui sedikit guyon, tidak terlalu bermasalah, sejauh isinya berbobot dan bisa dipertanggungjawabkan. 

Siapa yang bisa menulis untuk kami?

Kami menerima kiriman karya dari berbagai macam kalangan—akademisi, jurnalis, mahasiswa, aktivis, pelaku media, atau pun seniman—yang memiliki kepedulian terhadap isu media. 

 

Apa standar umum pemuatan karya di remotivi.or.id?

Terdapat sejumlah hal yang mempengaruhi kami dalam memutuskan pemuatan sebuah tulisan. Di antaranya, ide tulisan yang menarik. Sebuah ide kami nilai sebagai menarik apabila memiliki kebaruan, baik dalam tema yang diangkat, maupun model analisis yang dipakai. Sebelum mengirimkan sebuah tulisan, ada baiknya Anda lihat tulisan-tulisan terdahulu, apakah tema yang akan Anda angkat pernah dimuat dalam laman kami. Apabila tema tersebut sudah pernah dimuat, pastikan bahwa tulisan Anda memiliki model analisis atau perspektif yang berbeda dari tulisan tersebut.

 

Kami hanya memuat pembahasan yang spesifik dan terfokus. Kami tidak akan memuat tulisan dengan tema, misalnya, “pengaruh televisi pada anak”, atau “media memperbudak manusia”. Tema yang mungkin kami terima adalah, misalnya, “analisis adegan kekerasan dalam tiga sinetron anak menurut pandangan psikologi behaviorisme”, atau “pengaruh keberpihakan televisi terhadap pilihan politik dalam Pemilu”. 

 

Kami menyukai karya dengan struktur yang baik. Pastikan tulisan Anda menyajikan sebuah tesis yang didukung oleh argumentasi yang runut, koheren, serta disangga oleh data yang tepat. Sebelum mengirimkan karya, pastikan Anda telah menuliskan setiap poin pembahasan dengan jelas, serta saling terhubung. Periksa kembali apakah terdapat kontradiksi dalam tulisan Anda. Hindari penggunaan argumen berdasarkan pandangan umum. Anda perlu menyadari dan mempertanggungjawabkan asumsi-asumsi yang digunakan dalam tulisan.

 

Tulisan-tulisan yang kami terbitkan umumnya berbentuk ilmiah-populer. Dengan demikian, kami berusaha menghindari penggunaan bentuk formal-akademis (penggunaan abstrak, pendahuluan, atau metodologi). Tentu kami tidak menolak metode dan cara berpikir akademis. Yang kami hindari adalah bentuk presentasi kaku dalam penulisan formal-akademis. Cara penulisan yang ringkas, dengan definisi masalah yang jelas dan tidak bertele-tele, akan sangat memudahkan proses penyuntingan.

 

Kami tidak menyukai jargon, apalagi kalau berpretensi akademis. Bagi kami, tulisan akademis bukanlah tulisan yang menebar istilah-istilah njilmet yang sulit dimengerti, atau analisis berputar-putar yang tidak punya juntrungan. Tulisan-tulisan yang kami terbitkan sebisa mungkin ditulis dengan bahasa yang mudah dicerna. Hal ini bukan berarti kami menolak teori, melainkan bahwa teori itu mesti dijelaskan dengan semudah dan sejelas mungkin. 

 

Pastikan karya Anda:
 

  • Bukanlah hasil plagiasi,
  • Belum dipublikasikan di tempat lain,
  • Tidak melanggar hak cipta atau bermuatan diskriminatif.
Rubrik apa saja yang menerima kiriman tulisan?

 

  • Amatan (800-2000 kata) → Rubrik ini berisi opini dan analisis atas media pada umumnya. Tulisan untuk rubrik ini bisa beranjak dari analisis atas konten media; baik dengan mengulasan tayangan tertentu secara mendalam, atau tema tertentu yang ditarik dari berbagai tayangan. Selain itu kajian di luar medium, seperti mengenai analisis kebijakan penyiaran, atau kajian audiens, pun termasuk dalam rubrik ini. 

  • Di Balik Layar (800-1200 kata) → Rubrik ini dikhususkan untuk diisi oleh mereka yang bekerja di media: wartawan, videografer, penulis naskah, produser, fotografer, editor, dan lainnya. Rubrik ini diharapkan dapat memberi kesempatan berbagi kisah seputar pengalaman mereka memproduksi teks media dari balik layar; dengan menghadirkan sudut pandang personal yang kerap tidak kita temukan di muka layar media.

 

  • Pantau (800-1500 kata) → Sebuah rubrik dengan peran pengawasan isi media (media watch). Pantau membedah secara renyah produk-produk jurnalistik media dalam membicarakan isu publik terhangat. Rubrik ini diharapkan untuk bisa menyediakan terang yang memandu publik bersikap kritis terhadap isi dan institusi media.

Apakah Remotivi menyediakan honor untuk karya yang dimuat?

Ya. Kami menyediakan honor untuk tiap karya yang kami muat.

Bagaimana cara mengirimkan karya?

Lihat tulisan yang sudah dimuat dalam daring kami untuk mengetahui tema, gaya analisis, serta perspektif yang pernah muncul. Pastikan Anda tidak akan mengulang tulisan yang pernah kami terbitkan. Kirim karya yang sudah jadi ke surel redaksi [at] remotivi [dot] or [dot] id. Karya yang Anda kirimkan akan kami seleksi. Kami akan memberikan kabar selambat-lambatnya lima hari kerja sejak kami menerima surel tersebut.

Bagaimana dengan hak cipta tulisan yang dimuat di remotivi.or.id?

Hak cipta tulisan ada pada penulis. Untuk pemakaian tulisan di luar remotivi.or.id, redaksi akan meminta izin terlebih dahulu kepada penulis bersangkutan.

 

Informasi apa saja yang diperlukan selain karya?

Kami memerlukan beberapa hal untuk  melengkapi tulisan Anda:
 

  • Sertakan nomor rekening untuk pengiriman honor.
     
  • Nomor telepon yang mudah dihubungi.
     
  • Sertakan dua atau tiga kalimat pendek untuk mendeskripsikan diri Anda, riwayat pendidikan, serta riwayat karir Anda.
     
  • Foto diri Anda dengan ukuran 100x100 pixel.
     
  • Sertakan pula CV Anda sebagai database kontributor kami.
     

Kami menunggu kontribusi karya Anda!

atau Kirim berkas naskah Anda dalam format dokumen Ms. Word (doc, docx, rtf) Gunakan foto asli diri Anda (maksimum 900kB)